Rabu, 17 Juli 2013

Unila Buka Pendaftaran Kelas Pararel

Bandarlampung - Setelah menyelenggarakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan oleh pihak Universitas Lampung (Unila) yang dilaksanakan pada tahun 2013 bulan lalu. Kini pihak Unila akan segera melakukan pembukaan penerimaan mahasiswa baru melalu jalur kelas pararel tahun akademik 2013/2014.

Adapun kelas pararel ini dibuka untuk beberapa program studi (jurusan) tertentu di 6 (enam) fakultas di Universitas Lampung (Unila).

Kepala Pusat Komunikasi (Puskom) Unila, M. Komarudin mengatakan, Penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung Tahun Akademik 2013/2014 melalui jalur Kelas paralel akan segera dilaksanakan mulai tanggal 12 sampai dengan tanggal 20 juli 2013 ini.
Adapun Kelas paralel adalah program perkuliahan yang menggunakan fasilitas dan kurikulum yang sama dengan program sarjana reguler.

"Ya, untuk pendaftaran melalui jalur kelas pararel ini akan kita mulai dari hari ini, Jumat (12/7) sampai dengan hari Minggu (20/7) mendatang secara online. Kelas pararel ini fasilitas dan kurikulum sama saja dengan program sarjana reguler," katanya saat diwawancarai diruang kerja, Kamis (11/7).

Dirinya menambahkan, adapun Kelas paralel ini diselenggarakan mulai dari siang sampai malam hari, berbeda dengan reguler yang pada umumnya kelasnya dimulai dari pagi hingga siang atau sore hari. Lanjutnya, jalur kelas pararel ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan pada program sarjana.

"Kami adakan kelas pararel ini, agar seluruh masyarakat Lampung dapat menempuh pendidikan pada program sarjana yang ada di Unila ini. Dan jalur kelas pararel ini proses belajar mengajarnya akan dilaksanakan pada siang sampai malam hari berbeda dengan jalur reguler yang ada di universitas ini," ujarnya.

Lanjutnya, Kurikulum yang diselenggarakan pada Program S1 Paralel sama dengan kurikulum pada S1 Reguler. Untuk memperoleh gelar Sarjana mahasiswa S1 Paralel harus menempuh sebanyak 144 -146 SKS, dengan SKS yang diambil per semester maksimal 24 SKS dengan melihat IPK semester sebelumnya.

"Ya, mahasiswa-mahasiswi yang mengambil kelas pararel harus dapat menyelesaikan 144-146 SKS dengan persemesternya maksimal 24 untuk mendapatkan gelar sarjana di kelas tersebut," ucapnya.

Lanjutnya, dalam jalur kelas pararel ini, ditambahkannya, ada sekitar enam fakultas yang akan disiapkan oleh pihak unila kepada calon mahasiswa-mahasiswi yang akan mengikuti proses belajar mengajar. Ke enam fakultas itu meliputi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik maupun, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Sebanyak 6 fakultas kami siapkan untuk para mahasiswa-mahasiswi yang mendaftar melalui jalur kelas pararel ini. Ditambahkannya, sebanyak lima ribu peserta akan mengikuti tes melalui kelas pararel ini, jadi kami pihak kampus akan memggunakan kelas-kelas yang ada di unila ini saja," terangnya.

Untuk para pengawasnya sendiri, kita akan ambil dari kampus unila yang terdiri dari dosen yang ada ditiap-tiap fakultas yanga ada di unila saja yang tiap kelas terdiri-dari 20 peserta yang akan diawasi oleh 1 orang pengawas saja. [Oksi Juniardi]

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Blog Archive